Get #SGB Updates to Your Inbox!
EMAIL
Secure and Spam free...

Temukan Pengalaman Kehidupan Alam Super Seru di Singapura!

September 27, 2019

Kamu ingin berfoto selfie dengan Marco, si jerapah? Atau ingin jalan-jalan di akuarium air tawar terbesar di dunia? Silakan masuk ke taman margasatwa Singapura: Singapore Zoo, River Safari, Jurong Bird Park, dan Night Safari. Empat taman margasatwa ini akan memberikan kamu pengalaman seru tak terlupakan di Singapura!

SINGAPORE  ZOO

taman margasatwa Singapura
Interaksi tatap muka dengan para hewan di Fragile Forest

Kediaman dari lebih 2.400 binatang dari 300 spesies, dan saksikan bagaimana para binatang bergerak dengan bebas di habitat alami mereka! Dengan “konsep terbuka” (open-concept), kamu akan mendapatkan pengalaman langka untuk mengamati dan berinteraksi dengan hewan yang selama ini hanya kamu lihat di serial televisi atau film. Dari Australasia sampai Wild Africa, 11 zona di tempat ini akan mereplikasikan habitat hewan yang berbeda dari seluruh dunia. 

Berjalanlah ke Treetop trail untuk mendapatkan kesempatan berjumpa dengan sharp-toothed jaws False gavial, pukang cokelat dan nikmati “nyanyian” spesial dari pasangan Siamang yang terkenal, Anna dan Ako. Terdapat juga zona lain, yakni Fragile Forest, sebuah biodome dengan diameter 20.000 meter kubik tempat kamu bisa bertemu muka dengan para penghuni berbulu. Kenali Dyeing Poison Frogs atau Electric Blue Geckos yang terancam punah di RepTopia dan pergilah ke Wild Africa untuk mendapatkan giliran memberi makanan Jerapah dan Badak Putih dan jangan lupa mengambil selfie dengan mereka, ya!

taman margasatwa Singapura
Tairee, White Tiger pemberani, akan menyambutmu untuk menjelajahi dunia di Rainforest Lumina

Pernah bertanya-tanya apa yang terjadi di Singapore Zoo di malam hari? Ikuti penjelajahan magis ke dalam hutan hujan dan temukan Rainforest Lumina yang penuh dengan keajaiban. Pengalaman malam multi-indera ini (multisensory) ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara. 

Tarik ke samping tanaman menjalar, jelajahi jalan setapak berkabut dan alami lebih dari 10 zona multi-indera dengan 4 elemen permainan interaktif. Berkenalanlah dengan para pelindung hutan hujan, yakni Creature Crew! Mulai dari Courage ke Creativity, pilihlah karakter dari 8 Creature Crew dan temukan satu yang cocok dengan kepribadianmu! 

Pengalaman malam yang patut diabadikan dalam bentuk foto ini tidak boleh terlewatkan saat kamu berada di Singapura!

taman margasatwa Singapura
Alami keunikan Jungle Breakfast with Wildlife di Singapore Zoo

Rekomendasi tempat makan: Datanglah lebih awal untuk sesi sarapan dengan orang utan di  Jungle Breakfast with Wildlife di Ah Meng Restaurant (Terrace). Yep, kamu tidak salah baca—ini juga merupakan sebuah kesempatan langka untuk berfoto dengan keluarga kamu dan satu keluarga orangutan. Untuk makan siang, makan malam awal atau cemilan, ada banyak pilihan lain, termasuk KFC, Inuka Café dan Chawang Bistro

Singapore Zoo buka setiap hari dari pukul 8.30 pagi sampai 6 sore. Rainforest Lumina buka setiap hari dari pukul 7.30 malam sampai 12 malam (last entry pukul 11 malam) *Ada biaya tambahan untuk Rainforest Lumina, Jungle Breakfast with Wildlife dan Token memberi makan hewan*

RIVER SAFARI

taman margasatwa Singapura
Siap-siap terpukau dengan manatee di aquarium air tawar terbesar di dunia

Tidak hanya ingin melihat binatang darat? Berjalan-jalanlah di taman margasatwa bertema sungai satu-satunya dan pertama di Asia—River Safari. Dengan zona-zona yang mereplikasikan habitat sungai dari seluruh dunia, mulai dari Mississippi ke Amazon, kamu pasti akan dibuat terkagum-kagum dengan 7.500 hewan akuatik dan terestrial yang ada di sana. 

Apakah kamu penggemar berat manatee? Bergabunglah dalam Manatee Mania Tour untuk mendapatkan kesempatan menyapa Canola dan keluarga manatee-nya yang super imut (pssst… jangan lewatkan kesempatan memberi makan mereka langsung dari tanganmu saat jam makan siang mereka!). Atau jika kamu haus akan sesuatu yang lebih menantang, daftarkan diri di Sleep with the Manatees Camp! Yep, dengan mengikuti perkemahan ini, kamu akan mendapatkan pengalaman terbaik saat belajar lebih jauh tentang keajaiban-keajaiban akuatik taman ini dan tidur di kedalaman Amazon Flooded Forest dengan para manatee. Wow, sungguh sangat menakjubkan!

taman margasatwa Singapura
Cari tahu kehidupan di balik layar dalam sesi Manatee Mania Tour

Jika kamu ingin naik perahu, berkelanalah ke Wild Amazonia dan berlayar di Amazon River Quest, sebuah petualangan perahu berdurasi 10 menit yang memberikan kamu kesempatan untuk bertemu dengan sejumlah penghuni taman margasatwa dari hutan hujan tropis terluas di dunia, seperti spotted predator—Jaguar dan Brazilian Tapir yang mempunyai moncong serbaguna untuk membantu para binatang tetap terendam selama berjam-jam!

Rekomendasi tempat makan: Mama Panda Kitchen untuk mencicipi roti manis berbentuk panda atau ‘pao’ (bentuknya sangat cantik, jadi pastikan difoto dulu sebelum dimakan). Menu untuk anak-anak juga tersedia di sini. Dan untuk asupan kafein, kamu bisa mampir ke Starbucks yang terletak di pintu masuk River Safari. 

River Safari buka setiap hari dari pukul 10 pagi sampai 7 malam, berlokasi di samping Singapore Zoo. *Ada biaya tambahan untuk Manatee Mania Tour, Sleep with the Manatees Camp dan Amazon River Quest* Tersedia tempat terbatas untuk Sleep with the Manatees camp dari 30 Nov – 1 Dec 2019.

JURONG BIRD PARK

Jadikan kunjunganmu semakin seru dengan Bird’s Eye Tour

Untuk interaksi yang lebih personal dan dekat dengan penghuni berbulu tercantik dan terlangka, masuki Jurong Bird Park. Ini adalah taman burung terbesar di Asia, yaitu tempat berlindung berupa lereng dengan luas 20,2 hektar bagi hampir 3.500 burung dari 400 spesies.

Di sini kamu akan bertemu dengan banyak residen berbulu, dan bahkan sekilas bisa melihat burung-burung elusif seperti Philippine Eagle yang terancam punah yang baru saja mendarat di Jurong Bird Park! Ini merupakan salah satu burung rajawali tertinggi dan terbesar di dunia! Ingin tahu lebih lagi tentang proses pertumbuhan burung, dari periode inkubasi sampai masa menyapih? Yep, keinginanmu bisa terwujud jika kamu “mendarat” di Bird Discovery Centre (jangan lupa ajak buah hatimu ke sini)! Atau ingin menerbangkan seekor raptor dan duduk merapat di dekat Sally, si hornbill? Ikuti Bird’s Eye Tour dan nikmati tur eksklusif dengan tuan rumah para penjaga burung itu sendiri!

Kamu akan terpana dengan bakat luar biasa dari teman-teman berbulu di High Flyers Show

Oh, tidak boleh melewatkan Waterfall Aviary ya, yakni salah satu walk-in aviaries terbesar di dunia yang menghadirkan air terjun setinggi 30 meter. Dan pastikan kamu menjadi penonton saat burung rajawali dan elang memamerkan kehebatan mereka selama Kings of the Skies Show atau di High Flyers Show. Sebuah tips penting: Datanglah paling tidak 30 menit sebelum setiap pertunjukan dimulai supaya kamu dan keluarga mendapatkan tempat duduk strategis! 

Rekomendasi tempat makan: saat makan siang, kunjungi Songbird Terrace untuk sesi Lunch with Parrots. Manjakan lidahmu dengan berbagai hidangan Asia lezat sembari dibuat terkagum-kagum oleh berbagai burung warna-warni yang memamerkan bakat mereka di sebuah pertunjukan interaktif selama 30 menit. Dan jangan kaget jika mereka lebih cakap berbicara! Atau istirahat sejenak dengan menikmati cemilan di Lory Loft Café dan Waterfall Café

Jurong Bird Park buka tiap hari mulai dari pukul 8.30 pagi sampai 6 sore. *Ada biaya tambahan untuk Bird’s Eye Tour, Lunch with Parrots*

NIGHT SAFARI

Penjelajahan rainforest akan semakin seru dengan menggunakan trem

Saat matahari mengucapkan, “sampai jumpa besok,” Night Safari menyapa, “selamat datang,” dan kamu akan memasuki sebuah dunia habitat milik para makhluk nokturnal. ICYDK, Night Safari adalah taman margasatwa nokturnal pertama di dunia, makanya tempat ini sangat spesial. Awalnya, pandanganmu akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan kegelapan, tapi saat semuanya terlihat, kamu akan disambut oleh 900 residen, termasuk penghuni asli wilayah ini, seperti Gajah Asia yang terancam punah dan Harimau Melayu.

Telusuri walking trails untuk bisa melihat para hewan lebih dekat

Ada empat jalur setapak di taman margasatwa ini. Di antaranya East Lodge Trail yang akan menggiring kamu ke persimpangan Afrika dan Asia; Leopard Trail yang super populer yang akan membawamu lebih dekat ke rombongan macan tutul Sri Lanka di mana kamu juga bisa menghitung kumis mereka dan mempelajari titik-titik pada tubuh mereka! Kamu juga bisa naik trem dan berkendara selama 40 menit mengelilingi enam wilayah geografis dunia! Alami petualangan malam luar biasa di hutan belantara!

Untuk kamu yang mengklaim diri sebagai night owl, ini adalah kesempatan yang tepat untuk menantang statusmu tersebut. Akan tetapi, untuk para early sleeper, pengalaman ini pun patut dicoba paling tidak sekali seumur hidup. 

Rekomendasi tempat makan: Sebelum memulai petualanganmu, mampirlah ke Ulu Ulu Safari Restaurant untuk menikmati Asian Buffet dan mendapatkan pengalaman kuliner yang unik di bawah kayu-kayu cantik dan kipas angin rotan ala pedesaan. Atau, jika perutmu keroncongan setelah petualangan malam yang liar, datang lagi ke sini untuk menikmati Ulu Ulu Indian Buffet.  Kamu juga bisa menyantap daging panggang yang menggiurkan di Jungle Rotisserie sembari menyaksikan Thumbuakar Performance

Night Safari buka setiap hari mulai dari pukul 7.15 malam sampai 12 malam, berlokasi di samping Singapore Zoo. Restoran dan toko ritel buka dari pukul 5.30 sore. *Ada biaya tambahan untuk Ulu Ulu Safari Restaurant dan Jungle Rotisserie*

Ini Cara Hemat Menikmati Petualangan di Taman Margasatwa Singapura! 

Go Wild With Parkhopper! Lebih hemat dengan Parkhopper Plus dan dapatkan tiket masuk ke 4 taman dan Rainforest Lumina! Pesan tiket online untuk mendapatkan promo hemat ini.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi https://visit.wrs.com.sg/adventure!

Lokasi

Singapore Zoo, Night Safari dan River Safari terletak di 80 Mandai Lake Road, Singapore 729826

Cara ke sana: Naik Mandai Khatib Shuttle dari stasiun Khatib MRT. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.mandaishuttle.sg.

Jurong Bird Park berlokasi di 2 Jurong Hill, Singapore 628925. 

Cara ke sana: Naik jalur East-West MRT menuju Tuas Link, dan turun di Boon Lay (EW27). Dari bus interchange Boon Lay, naik bus no. 194 yang akan membawamu langsung ke Jurong Bird Park.

[BACA JUGA: Agenda Acara Paling Seru Bulan Oktober di Singapura]

Mau tahu informasi dan atraksi seru lainnya di Singapura? Baca majalah digital SGB! Kamu hanya perlu klik banner di bawah ini.

Tania
About Tania test

September 27, 2019

Kamu ingin berfoto selfie dengan Marco, si jerapah? Atau ingin jalan-jalan di akuarium air tawar terbesar di dunia? Silakan masuk ke taman margasatwa Singapura: Singapore Zoo, River Safari, Jurong Bird Park, dan Night Safari. Empat taman margasatwa ini akan memberikan kamu pengalaman seru tak terlupakan di Singapura!

SINGAPORE  ZOO

taman margasatwa Singapura
Interaksi tatap muka dengan para hewan di Fragile Forest

Kediaman dari lebih 2.400 binatang dari 300 spesies, dan saksikan bagaimana para binatang bergerak dengan bebas di habitat alami mereka! Dengan “konsep terbuka” (open-concept), kamu akan mendapatkan pengalaman langka untuk mengamati dan berinteraksi dengan hewan yang selama ini hanya kamu lihat di serial televisi atau film. Dari Australasia sampai Wild Africa, 11 zona di tempat ini akan mereplikasikan habitat hewan yang berbeda dari seluruh dunia. 

Berjalanlah ke Treetop trail untuk mendapatkan kesempatan berjumpa dengan sharp-toothed jaws False gavial, pukang cokelat dan nikmati “nyanyian” spesial dari pasangan Siamang yang terkenal, Anna dan Ako. Terdapat juga zona lain, yakni Fragile Forest, sebuah biodome dengan diameter 20.000 meter kubik tempat kamu bisa bertemu muka dengan para penghuni berbulu. Kenali Dyeing Poison Frogs atau Electric Blue Geckos yang terancam punah di RepTopia dan pergilah ke Wild Africa untuk mendapatkan giliran memberi makanan Jerapah dan Badak Putih dan jangan lupa mengambil selfie dengan mereka, ya!

taman margasatwa Singapura
Tairee, White Tiger pemberani, akan menyambutmu untuk menjelajahi dunia di Rainforest Lumina

Pernah bertanya-tanya apa yang terjadi di Singapore Zoo di malam hari? Ikuti penjelajahan magis ke dalam hutan hujan dan temukan Rainforest Lumina yang penuh dengan keajaiban. Pengalaman malam multi-indera ini (multisensory) ini merupakan yang pertama di Asia Tenggara. 

Tarik ke samping tanaman menjalar, jelajahi jalan setapak berkabut dan alami lebih dari 10 zona multi-indera dengan 4 elemen permainan interaktif. Berkenalanlah dengan para pelindung hutan hujan, yakni Creature Crew! Mulai dari Courage ke Creativity, pilihlah karakter dari 8 Creature Crew dan temukan satu yang cocok dengan kepribadianmu! 

Pengalaman malam yang patut diabadikan dalam bentuk foto ini tidak boleh terlewatkan saat kamu berada di Singapura!

taman margasatwa Singapura
Alami keunikan Jungle Breakfast with Wildlife di Singapore Zoo

Rekomendasi tempat makan: Datanglah lebih awal untuk sesi sarapan dengan orang utan di  Jungle Breakfast with Wildlife di Ah Meng Restaurant (Terrace). Yep, kamu tidak salah baca—ini juga merupakan sebuah kesempatan langka untuk berfoto dengan keluarga kamu dan satu keluarga orangutan. Untuk makan siang, makan malam awal atau cemilan, ada banyak pilihan lain, termasuk KFC, Inuka Café dan Chawang Bistro

Singapore Zoo buka setiap hari dari pukul 8.30 pagi sampai 6 sore. Rainforest Lumina buka setiap hari dari pukul 7.30 malam sampai 12 malam (last entry pukul 11 malam) *Ada biaya tambahan untuk Rainforest Lumina, Jungle Breakfast with Wildlife dan Token memberi makan hewan*

RIVER SAFARI

taman margasatwa Singapura
Siap-siap terpukau dengan manatee di aquarium air tawar terbesar di dunia

Tidak hanya ingin melihat binatang darat? Berjalan-jalanlah di taman margasatwa bertema sungai satu-satunya dan pertama di Asia—River Safari. Dengan zona-zona yang mereplikasikan habitat sungai dari seluruh dunia, mulai dari Mississippi ke Amazon, kamu pasti akan dibuat terkagum-kagum dengan 7.500 hewan akuatik dan terestrial yang ada di sana. 

Apakah kamu penggemar berat manatee? Bergabunglah dalam Manatee Mania Tour untuk mendapatkan kesempatan menyapa Canola dan keluarga manatee-nya yang super imut (pssst… jangan lewatkan kesempatan memberi makan mereka langsung dari tanganmu saat jam makan siang mereka!). Atau jika kamu haus akan sesuatu yang lebih menantang, daftarkan diri di Sleep with the Manatees Camp! Yep, dengan mengikuti perkemahan ini, kamu akan mendapatkan pengalaman terbaik saat belajar lebih jauh tentang keajaiban-keajaiban akuatik taman ini dan tidur di kedalaman Amazon Flooded Forest dengan para manatee. Wow, sungguh sangat menakjubkan!

taman margasatwa Singapura
Cari tahu kehidupan di balik layar dalam sesi Manatee Mania Tour

Jika kamu ingin naik perahu, berkelanalah ke Wild Amazonia dan berlayar di Amazon River Quest, sebuah petualangan perahu berdurasi 10 menit yang memberikan kamu kesempatan untuk bertemu dengan sejumlah penghuni taman margasatwa dari hutan hujan tropis terluas di dunia, seperti spotted predator—Jaguar dan Brazilian Tapir yang mempunyai moncong serbaguna untuk membantu para binatang tetap terendam selama berjam-jam!

Rekomendasi tempat makan: Mama Panda Kitchen untuk mencicipi roti manis berbentuk panda atau ‘pao’ (bentuknya sangat cantik, jadi pastikan difoto dulu sebelum dimakan). Menu untuk anak-anak juga tersedia di sini. Dan untuk asupan kafein, kamu bisa mampir ke Starbucks yang terletak di pintu masuk River Safari. 

River Safari buka setiap hari dari pukul 10 pagi sampai 7 malam, berlokasi di samping Singapore Zoo. *Ada biaya tambahan untuk Manatee Mania Tour, Sleep with the Manatees Camp dan Amazon River Quest* Tersedia tempat terbatas untuk Sleep with the Manatees camp dari 30 Nov – 1 Dec 2019.

JURONG BIRD PARK

Jadikan kunjunganmu semakin seru dengan Bird’s Eye Tour

Untuk interaksi yang lebih personal dan dekat dengan penghuni berbulu tercantik dan terlangka, masuki Jurong Bird Park. Ini adalah taman burung terbesar di Asia, yaitu tempat berlindung berupa lereng dengan luas 20,2 hektar bagi hampir 3.500 burung dari 400 spesies.

Di sini kamu akan bertemu dengan banyak residen berbulu, dan bahkan sekilas bisa melihat burung-burung elusif seperti Philippine Eagle yang terancam punah yang baru saja mendarat di Jurong Bird Park! Ini merupakan salah satu burung rajawali tertinggi dan terbesar di dunia! Ingin tahu lebih lagi tentang proses pertumbuhan burung, dari periode inkubasi sampai masa menyapih? Yep, keinginanmu bisa terwujud jika kamu “mendarat” di Bird Discovery Centre (jangan lupa ajak buah hatimu ke sini)! Atau ingin menerbangkan seekor raptor dan duduk merapat di dekat Sally, si hornbill? Ikuti Bird’s Eye Tour dan nikmati tur eksklusif dengan tuan rumah para penjaga burung itu sendiri!

Kamu akan terpana dengan bakat luar biasa dari teman-teman berbulu di High Flyers Show

Oh, tidak boleh melewatkan Waterfall Aviary ya, yakni salah satu walk-in aviaries terbesar di dunia yang menghadirkan air terjun setinggi 30 meter. Dan pastikan kamu menjadi penonton saat burung rajawali dan elang memamerkan kehebatan mereka selama Kings of the Skies Show atau di High Flyers Show. Sebuah tips penting: Datanglah paling tidak 30 menit sebelum setiap pertunjukan dimulai supaya kamu dan keluarga mendapatkan tempat duduk strategis! 

Rekomendasi tempat makan: saat makan siang, kunjungi Songbird Terrace untuk sesi Lunch with Parrots. Manjakan lidahmu dengan berbagai hidangan Asia lezat sembari dibuat terkagum-kagum oleh berbagai burung warna-warni yang memamerkan bakat mereka di sebuah pertunjukan interaktif selama 30 menit. Dan jangan kaget jika mereka lebih cakap berbicara! Atau istirahat sejenak dengan menikmati cemilan di Lory Loft Café dan Waterfall Café

Jurong Bird Park buka tiap hari mulai dari pukul 8.30 pagi sampai 6 sore. *Ada biaya tambahan untuk Bird’s Eye Tour, Lunch with Parrots*

NIGHT SAFARI

Penjelajahan rainforest akan semakin seru dengan menggunakan trem

Saat matahari mengucapkan, “sampai jumpa besok,” Night Safari menyapa, “selamat datang,” dan kamu akan memasuki sebuah dunia habitat milik para makhluk nokturnal. ICYDK, Night Safari adalah taman margasatwa nokturnal pertama di dunia, makanya tempat ini sangat spesial. Awalnya, pandanganmu akan membutuhkan waktu untuk membiasakan diri dengan kegelapan, tapi saat semuanya terlihat, kamu akan disambut oleh 900 residen, termasuk penghuni asli wilayah ini, seperti Gajah Asia yang terancam punah dan Harimau Melayu.

Telusuri walking trails untuk bisa melihat para hewan lebih dekat

Ada empat jalur setapak di taman margasatwa ini. Di antaranya East Lodge Trail yang akan menggiring kamu ke persimpangan Afrika dan Asia; Leopard Trail yang super populer yang akan membawamu lebih dekat ke rombongan macan tutul Sri Lanka di mana kamu juga bisa menghitung kumis mereka dan mempelajari titik-titik pada tubuh mereka! Kamu juga bisa naik trem dan berkendara selama 40 menit mengelilingi enam wilayah geografis dunia! Alami petualangan malam luar biasa di hutan belantara!

Untuk kamu yang mengklaim diri sebagai night owl, ini adalah kesempatan yang tepat untuk menantang statusmu tersebut. Akan tetapi, untuk para early sleeper, pengalaman ini pun patut dicoba paling tidak sekali seumur hidup. 

Rekomendasi tempat makan: Sebelum memulai petualanganmu, mampirlah ke Ulu Ulu Safari Restaurant untuk menikmati Asian Buffet dan mendapatkan pengalaman kuliner yang unik di bawah kayu-kayu cantik dan kipas angin rotan ala pedesaan. Atau, jika perutmu keroncongan setelah petualangan malam yang liar, datang lagi ke sini untuk menikmati Ulu Ulu Indian Buffet.  Kamu juga bisa menyantap daging panggang yang menggiurkan di Jungle Rotisserie sembari menyaksikan Thumbuakar Performance

Night Safari buka setiap hari mulai dari pukul 7.15 malam sampai 12 malam, berlokasi di samping Singapore Zoo. Restoran dan toko ritel buka dari pukul 5.30 sore. *Ada biaya tambahan untuk Ulu Ulu Safari Restaurant dan Jungle Rotisserie*

Ini Cara Hemat Menikmati Petualangan di Taman Margasatwa Singapura! 

Go Wild With Parkhopper! Lebih hemat dengan Parkhopper Plus dan dapatkan tiket masuk ke 4 taman dan Rainforest Lumina! Pesan tiket online untuk mendapatkan promo hemat ini.

Untuk informasi lebih lanjut kunjungi https://visit.wrs.com.sg/adventure!

Lokasi

Singapore Zoo, Night Safari dan River Safari terletak di 80 Mandai Lake Road, Singapore 729826

Cara ke sana: Naik Mandai Khatib Shuttle dari stasiun Khatib MRT. Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi www.mandaishuttle.sg.

Jurong Bird Park berlokasi di 2 Jurong Hill, Singapore 628925. 

Cara ke sana: Naik jalur East-West MRT menuju Tuas Link, dan turun di Boon Lay (EW27). Dari bus interchange Boon Lay, naik bus no. 194 yang akan membawamu langsung ke Jurong Bird Park.

[BACA JUGA: Agenda Acara Paling Seru Bulan Oktober di Singapura]

Mau tahu informasi dan atraksi seru lainnya di Singapura? Baca majalah digital SGB! Kamu hanya perlu klik banner di bawah ini.

Tania
About Tania test

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

#SGB_Story

SGB was founded by Tania Gromenko, a Russian lady who started studying the Indonesian language when she was 18. She had a chance to live in Indonesia several times since then - in Jakarta and Bali - and fell in love with Indonesia and its people. In 2016, Tania moved to Singapore and slowly but surely, the SGB concept shaped in her mind.
Read More

Berita Terbaru

Latest Videos

Latest Videos

Get #SGB Updates to Your Inbox!
EMAIL
Secure and Spam free...