fbpx
Topik / Artikel
Tips January 25, 2019

Menelik Sistem Pendidikan di Singapura

Bagikan

Sistem Pendidikan

Di Indonesia memiliki sistem pendidikan wajib 12 tahun, terbagi menjadi Sekolah Dasar (1-6), Sekolah Menengah Pertama (7-9) dan Sekolah Menengah Atas (10-12). Lain halnya dengan Singapura yang memiliki sistem pendidikan 6 tahun untuk Primary Education dan 4-5 tahun untuk Secondary Education, ditambah 2 tahun untuk Junior College atau 3 tahun untuk Polytechnic Studies.

Jika disetarakan, pendidikan menengah kelas 9 di Indonesia setara dengan Secondary 3 Education di Singapura. Namun apakah jika pindah akan mendapat penyetaraan otomatis? Belum tentu.

Biasanya, siswa harus mendapatkan Foundation di bidang Matematika dan Bahasa Inggris selama setahun setelah kelas 9 sebelum mengambil ujian GCE O-Levels.

Tips

Masyarakat Singapura adalah masyarakat yang serba cepat dengan budaya multiras. Berikut ini beberapa informasi penting tentang sistem pendidikan Singapura dan tips jika Anda ingin menempuh pendidikan di Singapura:

  1. Bahasa

Bahasa Inggris adalah bentuk kontak utama yang sering digunakan di sebagian besar bagian komunikasi. Bahasa kedua di Singapura adalah Cina, Melayu dan Tamil. Bahasa Indonesia tidak dapat dipahami bahkan di antara komunitas Melayu. Karena itu, penting bagi Anda untuk belajar dalam kemahiran berbahasa Inggris tertulis dan lisan.

  1. Kontak Kedutaan Besar Indonesia

7 Chatsworth Road Singapura 249671

Telepon: (65) 6737 7422

Email: info@indonesianembassy.sg

  1. Biaya Hidup

Singapura dinilai sebagai salah satu negara termahal di dunia. Namun untuk makanan dan pakaian, masih sangat terjangkau.

  1. Universitas

Universitas negeri Singapura seperti National University of Singapore (NUS) dan Nanyang Technological University (NTU) memiliki peringkat di antara yang terbaik di dunia. Untuk belajar di universitas kelas atas ini, Anda perlu fondasi yang baik dalam Bahasa Inggris dan Matematika dan digabungkan dengan hasil yang baik dalam ujian A-Level GCE.

Sumber: www.fis.edu.sg

Ingin tahu informasi penting dan berguna lainnya tentang Singapura. Pastikan kamu tidak pernah ketinggalan membaca majalah digital SGB! Kamu hanya perlu klik di sini

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Wordpress Social Share Plugin powered by Ultimatelysocial